Suatu kenyataan bahwa keanekaragaman merupakan fenomena
penting dalam dunia kehidupan. Keanekaragaman berasal dari proses evolusi yang
didasari oleh perubahan-perubahan genetis. Perubahan genetis tersebut
diwujudkan dalam bentuk kelainan-kelainan tertentu, misalnya cacat lahir, dan
kembar siam.
Rabu, 12 Juni 2013
PEMBELAHAN MITOSIS DAN MEIOSIS
A. Mitosis
Sel
yang membelah secara mitosis akan menghasilkan dua sel anak yang masing-masing
memiliki sifat dan jumlah kromosom yang sama dengan induknya. Mitosis terjadi
pada perbanyakan sel tubuh (sel somatis). Sifat kromosomnya
berpasangan,sehingga disebut diploid (2n). Pembelahan mitosis
berlangsung secara bertahap melalui beberapa fase,yaitu profase, metafase,
anafase, telofase, dan interfase.
Pemencaran Tumbuhan
Kelelawar adalah salah satu hewan yang membantu pemencaran tumbuhan |
Pemencaran tumbuhan merupakan salah satu mekanisme perluasan
wilayah penyebaran individu tersebut. Sehingga tidak sedikit jenis
tanaman yang bisa di jumpai hampir di seluruh benua. Pemencaran tumbuhan
tidak hanya membuat tumbuhan memiliki daerah persebaran yang luas
tetapi juga sebagai bentuk upaya dalam menjaga kelesatarian tumbuhan
tersebut. Sebagai contoh tumbuhan yang pemencarannya sempit akan
cenderung lebih mudah punah semisal hanya berada di suatu kawasan
kemudian terjadi kebakaran, gunung meletus atau banjir. Melalui
mekanisme pemencaran ini tumbuhan dikelompokan menjadi tumbuhan yang
tersebar luas (kosmopolit) dan hanya berada di daerah tertentu saja
(endemik)
Reproduksi Bakteri Secara Paraseksual
Reproduksi seksual
tidak dijumpai pada bakteri, tetapi terjadi pemindahan materi genetik
dari satu bakteri ke bakteri lain tanpa menghasilkan zigot yang dikenal
dengan istilah Parasexual.Proses ini meliputi 3 cara yaitu
1.
Konjugasi
2.
Transformasi
3.
Transduksi
Penilaian acuan patokan (PAP) dan penilaian acuan norma (PAN)
- Penilaian acuan patokan adalah penilaian yang mengacu kepada tujuan instruksional atau untuk mengukur tingkat penguasaan peserta didik terhadap perilaku yang terdapat dalam tujuan instruksional khusus tersebut. Penilaian acuan norma adalah penilaian yang mengacu kepada norma untuk menentukan kedudukan atau posisi seorang peserta didik di antara kelompoknya.
- Persamaan penilaian acuan norma dan acuan patokan antara lain adalah keduanya mempersyaratkan perumusan secara spesifik perilaku yang diukur, disusun dari sampel butir-butir tes yang relevan, keduanya dinilai kualitasnya dari segi validitas dan reliabilitas dan digunakan ke dalam pendidikan walaupun untuk maksud yang berbeda.
BEDA & JENIS-JENIS MODEL & METODE PEMBELAJARAN
BEDA & JENIS-JENIS MODEL & METODE PEMBELAJARAN
Bedanya kalau metode itu lebih kepada cara-cara yang dilakukan guru untuk mencapai sasaran dan tujuan, juga penguasaan kelas. Nah, kalau model pembelajaran lebih kepada desain yang digunakan guru untuk gaya belajar anak atau kerangka konsep yang rasional sesuai dengan sikon yang dihadapi.
Berikut ini
disajikan beberapa MODEL PEMBELAJARAN
:
Mengenal 8 Kecerdasan Manusia
Dr Howard Gardner, profesor bidang pendidikan di Harvard University
Amerika Serikat mengembangkan sebuah teori tentang kecerdasan bahwa
kecerdasan seseorang baik anak maupun dewasan bisa dilihat secara lebih
menyeluruh tidak hanya sebatas kecerdasan linguistik (bahasa) dan logika
saja,,
Gardner membagi kecerdasan kedalam 8 bagian (Yang kemudian belakangan Gardner menambahkannya dengan kecerdasan Spiritual)
Gardner membagi kecerdasan kedalam 8 bagian (Yang kemudian belakangan Gardner menambahkannya dengan kecerdasan Spiritual)
- Linguistic intelligence (Kecerdasan linguistik)
- Logical – mathematical intelligence (Kecerdasan logika-matematika)
- Spatial intelligence (Kecerdasan visual-spasial)
- Bodily-kinesthetic intelligence (Kecerdasan gerak tubuh)
- Musical intelligence (Kecerdasan musikal)
Langganan:
Postingan (Atom)